Kamis, 06 Mei 2010

Kesalahpahaman Tentang Jilbab

Banyak yang salah memahami tentang prinsip-prinsip jilbab dalam Islam, terutama di Barat. Sehingga timbullah pelarangan-pelarangan memakai jilbab bagi kaum wanita islam di negara-negara barat. Salah satu pendapat mereka adalah bahwa jilbab (termasuk cadar) merupakan tanda fundamentalisme islam yang mengarah kepada terorisme. Pandangan mereka juga adalah menganggap jilbab sebagai bentuk perbudakan dan memasung kebebasan wanita Islam, kendati wanita islam tidak mengatakan demikian.

Salah satu yang membuat salah kaprah tersebut adalah karena mereka menyamakan kebebasan wanita dengan kebebasan fisik, khususnya kebebasan untuk menggunakan pakaian apapun sesuka mereka. Dalam asumsi mereka, ada korelasi antara kebebasan pribadi dan keterbukaan berpakaian.

Itu sebabnya mereka mempersepsi wanita-wanita Muslim yang berjilbab sebagai "diperbudak oleh agama mereka, yakni islam atau suami suami mereka yang muslim. Stereotip itu sedemikian meluas di dunia barat. Berdasarkan prinsip yang keliru itu, tidak sulit untuk menyimpulkan bahwa nilai seorang wanita terutama ditentukan oleh fisiknya, bukan pikirannya, apalagi jiwa spiritualnya.
http://1-islam.net/

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com modif by : nuri